Kamis, 26 Januari 2017

Tips Untuk Merawat Kain Batik Tulis

Sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia, kain batik adalah salah satu barang yang harus mendapatkan perawatan istimewa. Merawat kain batik tulis tidak dapat asal-asalan, perawatannya tentulah berbeda dengan batik cap dan batik printing. Nah buat kamu yang suka mengoleksi batik tulis, maka inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat koleksi batik tulis tercintamu supaya baju batik kamu tetap awet dan terjaga keindahannya. 



Kain Batik Tulis Madura


Batik tulis bukanlah kain sembarangan untuk disandang tetapi memiliki nilai filosofi dan seni tersendiri didalamnya. Nah, untuk menjaga warna batik tulis agar tidak pudar dibutuhkan perawatan khusus. Berikut ini adalah tipsnya, Merawatnya mudah dan bisa kamu terapkan pada kain batik tulismu.

Pertama, simpanlah batik tulis di tempat yang kering dan tidak lembab. Pastikan kamu menaruh di tempat yang bersih dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

Kedua, sebelum kamu menyimpan di dalam lemari, kamu bisa membungkus kain batik dengan kertas yang tidak bersifat asam serta jangan lupa menaruh wewangian di dalam lemari agar batikmu senantiasa tersimpan dalam kewangian dan berilah wewangian yang dapat mengusir ngengat perusak kain, misalnya akar-akaran alami atau biji merica. HIndari penggunaan zat kimia seperti kapur barus karena berisiko meruska warna.

Ketiga, jangan pernah mencuci kain batik tulis dengan menggunakan mesin cuci, Cucilah secara manual menggunakan tangan dan gunakanlah sabun bayi supaya warna batik lebih terjaga dan awet.

Keempat, untuk mengeringkannya jangan langsung terkena paparan sinar matahari. Cukup diangin-anginkan saja hingga kain kering. 

Kelima, hindarilah menyeterika secara langsung, kamu harus menggunakan lapisan di atas kain batik sebelum menyeterika. Aturlah setrika dengan tingkat kepanasan sedang.

Keenam, secara periodik, sekitar dua minggu sekali, buka kain batik untuk diangin-anginkan. Jemurlah selama 10-15 menit di pagi hari agar kain batik tidak lembab.

Inilah beberapa tips untuk merawat koleksi batik tulis yang bisa kamu praktekkan supaya kain batik tulismu senantiasa terawat dan terjaga keindahan coraknya. Keindahan corak batik info lebih lengkap klik: http://produsenbatiktulismaduramurah.blogspot.co.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar